Menghindari Dampak Negatif Perkembangan Tekhnologi Bagi Anak

Menghindari Dampak Negatif Perkembangan Tekhnologi Bagi Anak

Kemajuan tekhnologi di bidang informasi dan komunikasi sudah banyak memberikan dampak positif dan negatif bagi semua orang termasuk bagi anak-anak yang fenomenanya bisa anda lihat sendiri saat ini dimana anak lebih menyukai menghabiskan waktu dengan gadget yang ia miliki dibandingkan bermain di lingkungan sekitar rumah.

Kemajuan tekhnologi ini memang tidak dapat dibendung karena memang dengan adanya kemajuan tekhnologi anda bisa melakukan segala aktifitas anda dengan mudah dan praktis, yang perlu anda lakukan hanyalah bersikap cerdas dalam memilih kemjuan tekhnologi tersebut.

Untuk mengatasi dampak negatif yang diberikan oleh kemajuan tekhnologi dalam bidang komunikasi pada anak, di bawah ini akan diberikan beberapa tips untuk mengatasi dampak buruk pengaruh kemajuan tekhnologi di bidang komunikasi bisa dihindari

  1. Berikan waktu untuk anak

Sesibuknya anda perhatikan anak anda setelah anda sibuk bekerja atau melakukan sesuatu. Lihat apakah anak anda menunjukkan tanda bahwa ia telah terpengaruh oleh dampak buruk dari kemajuan tekhnologi dan komunikasi di era digital ini.

  1. Periksa aplikasi anroid apabila anda memberikan fasilitas untuk itu

Untuk point ini sangat penting untuk anda pertimbangkan pasalnya aplikasi apa saja yang ada di android akan berpengaruh pada otak anak anda, perhatikan jenis aplikasi dan jika perlu anda menginstall aplikasi yang berguna bagi anak anda seperti aplikasi gambar mewarnai yang banyak disukai oleh anak.

  1. Batasi penggunaan gadget

Jika perlu anda memberikan jam tertentu kapan gadget boleh digunakan dan kapan tidak boleh digunakan hal ini sangat perlu bagi anda agar anak anda memiliki banyak waktu untuk berbaur dengan lingkungan sekitarnya dan tidak hanya berkutat dengan gadget yang ia miliki.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi dampak buruk dari perkembangan tekhnologi di era digital saat ini yang terkadang mengancam generasi muda di masa depan akibat terlena dengan semua kemudahan yang dirasakan, semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya.