Tugas dan Peran Manajer Pergudangan Dalam Dunia Bisnis E-Commerce

Tugas dan Peran Manajer Pergudangan Dalam Dunia Bisnis E-Commerce

Di zaman seperti ini hampir semua orang pernah berbelanja secara online sehingga banyak konsumen yang bergantung pada kegiatan ini karena memang prosesnya yang mudah dan cepat, serta transaksinya yang aman dan terjamin. Memang bagi sebagian orang, memiliki bisnis online sebagai usaha sampingan merupakan prestasi yang sangat membanggakan. Anda tidak perlu pergi ke pasar atau membuka toko untuk meletakkan barang dagangan, hanya dengan memposting di beberapa marketplace atau e-commerce kalian sudah bisa menghasilkan uang. Gampang banget kan?

Namun ternyata banyak dari pelaku bisnis yang mengakui kesulitan saat menerima banyak orderan sebab mengurus bisnis online seorang diri ternyata bukanlah perkara mudah. Kalian harus menggunakan layanan fulfillment untuk membantu mengelola semua kegiatan bisnis kalian.

Mengapa Butuh Layanan Fulfillment Dalam Berbisnis E-Commerce?

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dalam menggunakan layanan ini mereka tentu menyediakan gudang penyimpanan / warehouse yang letaknya di lokasi strategis sehingga memudahkan para pebisnis untuk menjangkau pelanggannya. Hal ini membuat waktu pengiriman barang ke pelanggan menjadi lebih cepat dan singkat, serta hemat pada biaya ongkos kirim.

  1. Hemat Waktu, Biaya, dan Tenaga Operasional

Kalian tidak perlu khawatir lagi mengenai packing dan pergi ke ekspedisi sendiri untuk mengirimkan barang karena semuanya akan dilaksanakan oleh pihak layanan fulfillment sehingga kalian bisa menghemat biaya operasional karena tidak perlu memiliki tambahan karyawan dan menyewa gudang penyimpanan.

  1. Bisa Lebih Fokus Terhadap Pengembangan Bisnis

Banjirnya orderan terkadang membuat para pebisnis tidak bisa fokus terhadap pengembangan bisnis mereka karena sudah disibukkan dengan proses picking, packing, dan pengiriman barang ke pelanggan. Namun jika semua proses tersebut sudah dilayani oleh pihak penyedia layanan fulfillment, kalian bisa lebih fokus dan memikirkan tentang pengembangan brand dan memperluas jaringan bisnis.

Layanan fulfillment sangat erat untuk fungsi, perusahaan, maupun pada bisnis e-commerce. Bahkan hampir semua kegiatan yang teroganisir dengan rapi pasti membutuhkan layanan ini, mulai dari pengecekan stok kesediaan barang, penerimaan pesanan dari konsumen, proses picking dan packing, hingga proses pengiriman yang dilakukan melalui pihak ekspedisi agar pesanan sampai di tangan konsumen dengan cepat dan aman.

Agar semua layanan tersebut terpenuhi dengan baik, maka proses dari layanan fulfillment ini juga harus didesain sedemikian rupa agar lancar sesuai dengan tujuan yang sudah direncanakan. Oleh karena itu, perlu ada seseorang yang memiliki peran penting untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengawasi permasalahan pergudangan pada bisnis e-commerce. Seseorang yang berperan penting tersebut bisa kita sebut sebagai fulfillment manager.

Tugas seorang fulfillment manager adalah melakukan manajemen pemenuhan pesanan yaitu mengurus sistem untuk mengawasi proses arus dari pemenuhan pesanan mulai dari penyimpanan, pengecekan, pemilihan, pengemasan, hingga pengiriman barang pada para pelanggan. Tanggung jawab dari seorang fulfillment manager tentunya wajib mengelola dan merencanakan sistem operasi khusus untuk klien terkait agar mampu mencapai tujuan bersama yang bisa memberikan banyak manfaat bagi klien dengan biaya operasi yang seminimal mungkin.