Dari Buah Hingga Sayur, Inilah 7 Makanan Penurun Darah Tinggi

Dari Buah Hingga Sayur, Inilah 7 Makanan Penurun Darah Tinggi

  25 Feb 2020

Darah tinggi atau dalam istilah medis disebut dengan hipertensi, adalah kondisi dimana tekanan darah pada arteri meningkat. Penyakit ini tergolong berbahaya karena dapat mengancam nyawa seperti halnya penyakit jantung. Para penderita hipertensi memiliki pantangan serta anjuran makanan penurun darah tinggi, sehingga penderita dapat lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuk dikonsumsi.

Lalu makanan apa saja yang dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi? Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Kentang

Siapa tak menyukai kentang? Bahan makanan yang satu ini sangat digemari banyak orang karena dapat diolah menjadi aneka panganan enak dan bergizi. Dibalik kelezatannya, kentang ternyata bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Penelitian yang dilakukan oleh sebuah Universitas di Amerika Serikat menyatakan bahwa mengonsumsi 2 porsi kentang setiap hari dapat membantu menurunkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi.

  1. Jambu Biji

Selain kentang, buah yang satu ini juga menjadi salah satu makanan penurun darah tinggi. Jambu biji mengandung potassium, antioksidan dalam bentuk carotenoids, dan polifenol yang baik untuk penderita hipertensi serta dapat melindungi jantung dari bahaya radikal bebas. Jambu biji dapat Anda olah menjadi jus maupun dikonsumsi langsung bersama dengan kulitnya.

  1. Kacang-Kacangan

Semua jenis kacang-kacangan mulai dari kacang tanah, almond, kedelai, kacang merah, hingga kacang polong bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Di dalam kacang-kacangan terkandung potasium serta magnesium, dan dianjurkan untuk dikonsumsi para penderita hipertensi karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

  1. Pepaya

Buah yang satu ini selain kaya akan nutrisi ternyata bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Pepaya kaya akan potassium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. American Heart Association atau AHA menyarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi potassium setiap hari agar tekanan darah dapat terkontrol dengan baik.

  1. Bayam

Sayuran hijau yang satu ini sangat baik dikonsumsi setiap hari. Selain karena kaya akan gizi dan menyehatkan, bayam dapat menurunkan tekanan darah karena kaya akan magnesium, kalium, peptida, folat, serta kandungan sodium yang rendah.

  1. Wortel

Wortel mengandung zat kalium serta beta caroten yang baik untuk penderita hipertensi. Detak jantung yang tidak normal umumnya kerap dialami para penderita hipertensi, oleh karena itu konsumsi wortel disarankan untuk dapat menormalkan detak jantung serta fungsi ginjal. Jus wortel adalah minuman sehat yang direkomendasikan bagi Anda penderita darah tinggi.

  1. Tomat

Anda gemar mengonsumsi jus tomat? Karena tomat rupanya berperan penting dalam penurunan tekanan darah. Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menyatakan bahwa orang-orang yang mengonsumsi satu cangkir jus tomat murni tanpa tambahan garam atau gula setiap harinya selama satu tahun mengalami penurunan tekanan darah.

Itulah 7 makanan penurun darah tinggi bagi Anda penderita hipertensi. Namun perlu diingat bahwa tidak dianjurkan mengonsumsi salah satu makanan secara berlebihan, tetap konsumsi sesuai dengan porsi yang disarankan.